MATERI PEMBELAJARAN INFORMATIKA PENGETIAN SERTA CONTOH CONTOH NYA [REI]

   

        INFORMATIKA



1. Informatika dan Kemampuan Umum

Informatika adalah ilmu yang mempelajari pengolahan data dan informasi menggunakan teknologi komputer secara sistematis.
Kemampuan umum dalam informatika mencakup keterampilan berpikir logis, pemecahan masalah, dan memahami prinsip-prinsip dasar sistem digital dan teknologi informasi.


2. Berpikir Komputasional

Adalah proses berpikir untuk merumuskan masalah dan solusi dengan cara yang dapat dilakukan oleh komputer. Ini meliputi:

  • Decomposition (dekomposisi): Memecah masalah besar menjadi bagian kecil.

  • Pattern recognition: Mengenali pola dan kesamaan.

  • Abstraction: Mengambil inti dari informasi dan mengabaikan detail yang tidak relevan.

  • Algorithm design: Menyusun langkah-langkah solusi yang terstruktur.


3. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Merujuk pada semua teknologi yang digunakan untuk mengelola, memproses, menyimpan, dan menyebarkan informasi secara elektronik. Contohnya termasuk komputer, internet, smartphone, dan software komunikasi seperti email atau video call.


4. Sistem Komputer

Adalah gabungan dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan pengguna (brainware) yang bekerja sama untuk memproses dan mengelola data menjadi informasi yang berguna.


5. Jaringan Komputer dan Internet

Jaringan komputer adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain untuk berbagi data dan sumber daya.
Internet adalah jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer di seluruh dunia, memungkinkan komunikasi dan akses informasi tanpa batas.


6. Analisis Data

Adalah proses mengumpulkan, mengolah, dan mengevaluasi data untuk menemukan pola, membuat kesimpulan, atau mengambil keputusan yang didasarkan pada bukti.


7. Algoritma dan Pemrograman

Algoritma adalah langkah-langkah sistematis dan logis untuk menyelesaikan suatu masalah.
Pemrograman adalah proses menerjemahkan algoritma ke dalam bahasa yang bisa dimengerti oleh komputer (misalnya Python, Java, C++).


8. Dampak Sosial Informatika

Merujuk pada bagaimana perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memengaruhi masyarakat, baik secara positif (efisiensi kerja, akses informasi) maupun negatif (privasi, ketergantungan teknologi, pengangguran digital).


9. Praktikan Lintas Bidang

Adalah penerapan ilmu informatika dalam berbagai bidang ilmu lain seperti kesehatan, pertanian, bisnis, pendidikan, dan lain-lain, untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas melalui teknologi.


Comments

Popular posts from this blog

TUGAS INFORMATIKA 3 REIKENZIE SETYAKI